Kamis, 23 Juni 2016

DO YOU KNOW MOJOKERTO CITY???


Siapa nih yang tau dimana sih kota mojokerto itu???
Mojokerto adalah salah satu kota serta kabupaten yang berada di Jawa Timur, dahulunya kota ini menjadi ibukota kerajaan terbesar di Indonesia yaitu
Kerajaan Mojopahit. Dengan patihnya yang sangat terkenal yaitu Gajah Mada dan sumpah palapa nya. Tentunya semua mengenal sekilas sejarah kerajaan Mojopahit ini karena materinya terdapat di kurikulum pelajaran sejarah di tingkat SMP dan SMA.
Nah karena itulah tepatnya dikecamatan trowulan bisa banyak kita jumpai berbagai macam peninggalan kejayaan Mojopahit mulai dari yang tampak secara fisik hingga yang tidak. Contoh dari yang Nampak secara fisik yaitu terdapat museum yang menyimpan berbagai macam Arca, alat dapur, perhiasan, serta perabot rumah yang lainnya. Selain itu juga terdapat beberapa candi diantaranya candi brahu, bajang ratu, w
ringin lawang, tikus, gentong, dan masih banyak lainya.selain itu juga terdapat kolam Segaran yang konon dulu sebagai tempat pemandian para ratu namun sekarang dialih fungsikan sebagai kolam pancing, selain itu ada pendopo agung tempat raja untuk acara pertemuan dan rapat. Dan  masih banyak situs – situs sejarah lain yang menarik. Dalam hal peninggalan tradisi salah satunya adalah gerebek suro tumpengan dan lain sebagainya.
Di Mojokerto juga banyak mempunyai banyak tempat destinasi lainya diantaranya monument budha tidur yang terbesar di Indonesia, Gunung Penanggungan tempat yang dapat direkomendasikan untuk para pendaki pemula dengan pemandangan alam yang sungguh menakjubkan, kemudian ada juga Air terjun Dlundung, Gua Golo – golo, dan masih banyak lagi.
Mojokerto juga dengan camilan khas nya yaitu Onde – onde. Makanan yang berbentuk bulat berlapiskan wijen. Biasanya berisikan kacang hijau yang telah diolah sedemikian rupa. Sangat nikmat apabila dinikmati waktu masih hangat.
Selain mojokerto dikenal dari situs – situs peninggalan sejarahnya, tujuan wisata alamnya, juga camilan khasnya, mojokerto juga menyimpan seni budaya yang sampai saat ini masih tetap dipertahankan yaitu seni Bantengan. Kesenian ini dinamakan bantengan karena memang permainannya dengan banteng namun bukan banteng sebenarnya. Banteng disini adalah dua manusia yang diselimuti dengan kain berwarna hitam dan menggunakan tanduk banteng. Permainan ini menonjolkan sisi mistis karena disini saat alat music berupa drum atau dendang dibunyikan maka sang pawang juga memanggil roh roh  yang akan memasuki parah pemain untuk menambah nilai seni juga keseruan. Sehingga sang pemain yang kerasukan tersebut akan mengamuk sesuai irama music yang diberikan.

Itulah sekilas tentang Mojokerto masih banyak hal menarik lain yang tersimpan di mojokerto. Semoga sekilas dari apa yang saya tuliskan bisa menyadarkan bahwa inilah Indonesia negeri yang kaya akan potensi alam, dan keaneka ragaman dalam banyak hal. Semoga bermanfaat dan salam hebat.

Kesenian Bantengan Khas Mojokerto
Patung Budha Tidur Trowulan Mojokerto
Onde - onde Jajanan Khas Mojokerto



Candi Wringin Lawang

1 komentar:

  1. Apa yang membuat Mojokerto dikenal sebagai ibukota Kerajaan Majapahit, dan di mana lokasi peninggalan sejarahnya yang terkenal?
    Visit us Telkom University

    BalasHapus

Comments system

Disqus Shortname