Kamis, 23 Juni 2016

Masjid Ar-Fachrudin dan SPBU UMM

 Masjid Ar-Fachrudin UMM berdiri pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Presiden RI Ke-3 BJ Habibie pada tahun 1998. Masjid ini terletak di area UMM Kampus III di tepat sebelah SPBU UMM di Jalan Tlogomas akses jalan kearah  batu.
Masjid dengan arsitektur modern yang sangat eksotis dengan menggunakan dominan warna putih. Bangunan masjid ini terdiri dari 5 lantai yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai tempat beribadah saja namun juga sebagai tempat perkuliaha dan perkantoran. Lantai ke-1  atau lantai dasar difungsikan untuk perkantoran, bank, kantin, kopkar, ATM, dan laboratorium, bimbingan konseling, poliklinik, radio UMM FM dan beberapa kantor pusat studi. sedangkan di lantai ke-2 dimanfaaatkan untuk perkantoran Takmir Masjid, perpustakaan, ruang perkuliahan, laboratorium Psikologi, tempat wudhu’ dan Aula. Dan dilantai ke-3- 4 digunakaan sebagai tempat peribadatan. Sedangkan yang terakhir yaitu lantai ke-5 dimanfaatkan untuk pendidikan bahasa arab dan pondok pesantren Abdul Rahman bin Auf, yang santrinya berasal dari kalangan mahsiswa dan warga sekitar.

Masjid Ar-Fachrudn ini menenpati area lahan seluas 6.000 meter persegi. Bangunan masjid ini merupakan salah satu masjid kampus terbesar di Asia Tenggara dengan ditopang 81 tiang penyangga sehingga terlihat kokoh dan jugs teruji tahan gempa. Menyugguhkan ornament dan pilar dengan gaya modern tapi  tetap ada beberapa sentuhan etnik Jawa.  Masjid ii mampu menanpung kurang lebih 5.500 jamaah dilengkapi juga dengan menara setinggi 750 meter yang terletak disamping bangunan masjid yang difungsikan sebagai tempat pengeras suara dan juga antenna pemancar radio UMM FM. Di lantai ke-2 dari masjid ini terdapat 18 kamar mandi dengan 10 kamar mandi pria dan 8 kamar mandi wanita, juga terdapat keran wudhu berjumlah 22 untuk pria dan 14 untuk wanita. Karena kemegahan yang dimiliki masjid Ar Facrudin ini pula yang akhirnya mengundang niat khalayak untuk berkunjung ke tempat ini.


Lokasi masjid AR FACHRUDDIN ini memang tepat berada disebelah SPBU UMM.  Pendirian SPBU ini merupakan salah satu upaya UMM dalam mengembangkan profit centre untuk mendukung finansial selain biaya pendidikan dari mahasiswa. Pendirian SPBU ini dinilai sangat prospektif karena jumlah mahasiswa, dosen dan karyawan UMM sangat banyak dengan kebutuhan bahan bakar kendaraan sangat tinggi. Selain sebagai profit centre, SPBU UMM merupakan salah satu bentuk layanan bagi sivitas akademika dan masyarakat umum dalam hal kemudahan penyediaan bahan bakar.
SPBU UMM


Untuk lebih lanjut silahkan klik disini
klik disini
klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname