Kamis, 23 Juni 2016

Ilmu dan Teknologi Pangan (ITP) UMM

Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan merupakan salah satu cabang dari Fakultas Pertanian dan Peternakan di Universitas Muhammadiyah Malang. Yang nantinya para mahasiswa ini akan mengikuti proses belajar di kampus III Universitas Muhammadiyah malang tepatnya di gedung GKB 1. Jurusan ini dikembangkan berbasis.
 ilmu dan teknologi di bidang pengolahan pangan, penanganan hasil pertanian, perbaikan gizi dan kewirausahaan. Mahasiswa ITP diarahkan mampu menguasai pengetahuan tentang analisa pangan, pengendalian proses, keamanan pangan, sifat fisik dan kimia pangan, selama penanganan bahan mentah, proses pengolahan, pengawetan, penyimpanan dan pemasaran sehingga menjadi produksi yang berkualitas  (bergizi, sehat, aman dan halal). pengetahuan tentang pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen, seperti produk kaya antioksidan, berserat tinggi, pangan fungsional dan lain-lain yang bernilai ekonomi tinggi merupakan bekal yang akan diterima oleh para mahasiswa.
keunggulan ilmu dan teknologi pangan umm adalah

1. Memiliki beberapa laboratorium seperti lab. Kimia-biokimia, lab mikrobiologi dan lab. rekayasa pangan
2. Memiliki laboratorium pendukung seperti lab. Bioteknologi lab. agroteknologi, lab. agribisnis, lab perikanan dan lab. peternakan.
3. kita dibekali soft skill untuk bekerja di masyarakat maupun di industri, termasuk juga jika ingin berwirausaha.
4.dll
Dalam perjalanannya Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan UMM telah behasil mengukir berbagai prestasi, antara lain:
Pada tahun 2003 dan 2004 berhasil memenangkan Program Semique dari DIKTI dalam rangka peningkatan atmosfir akademik dan peningkatan mutu layanan laboratorium.
Pada tahun 2006, 2007 dan 2008 berhasil memenangkan Program Hibah Kompetisi (PHK) A2 dari DIKTI.Program tersebut telah dapat memberikan dampak yang sangat positif, sebagai implikasi dari makin meningkatnya mutu layanan laboratorium, makin berkembangnya atmosfir akademik dan makin meningkatnya mutu SDM, baik dosen maupun tenaga laboran. Beberapa dampak positif tersebut antara antara lain adalah:
a.   Dapat memperpendek rata-rata masa studi mahasiswa dari 5,13 tahun menjadi 4,5 tahun dan dapat memperpendek lama penyelesaian tugas akhir (skripsi).
b.   Menurunnya masa tunggu untuk MENDAPATKAN PEKERJAAN yang pertama bagi para alumni danMENINGKATNYA GAJI ALUMNI.
c.   Meningkatnya jumlah MAHASISWA yang terlibat dalam penelitian dosen untuk menyelesaian tugas akhir (Skripsi).
d.    Meningkatnya jumlah dosen yang dapat MEMENANGKAN HIBAH PENELITIAN dari luar kampus, baik yang bersumber dari DIKTI maupun dari sumber lainnya, serta makin meningkatnya kepercayaan dari stackeholder.
Kerjasama
Ø PT. Green Field Indonesia,
Ø PT. Bali Maya Permai
Ø PT. Patuha Agro Rekanda
Ø PT. Indo Murni Dairy Industri
Ø PT. Riau Sakti
Ø PT. Indo food
Ø PT. Bogasari
Ø Perusahaan Gula Krebet

Ø PG. Kebun Agung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Comments system

Disqus Shortname